Membuat Caption IG
Tekno, Tips

Cara Membuat Caption IG yang Menarik

Pernah bingung membuat caption IG? Meski terlihat mudah, membuat caption yang menarik bukan perkara yang gampang, lho. Caption yang menarik seharusnya bisa meningkatkan engagement. Postinganmu bisa mendapatkan lebih banyak like dan komen.

Untuk IG pribadi, kamu mungkin tak perlu begitu mendalami perihal pembuatan caption IG yang bagus. Namun, untuk para pemilik bisnis online atau public figure, caption adalah hal penting yang menjadi perhatian utama selain foto. Oleh karena itu, mereka perlu belajar bagaimana cara membuat caption IG yang bagus.

Perlu trial and error untuk menghasilkan caption IG yang bagus. Sebagai bahan pembelajaran untuk kamu, berikut penjelasan lengkap tentang cara membuat caption IG yang menarik.

1.     Ketahui Seperti Apa Karakter Followersmu

Saat membuat caption, kamu bisa menempatkan diri seperti sedang berkomunikasi dengan orang di dunia nyata. Agar komunikasimu berjalan baik dan memberikan kesan, kamu tentu harus menyesuaikan bahasa dengan lawan bicara. Hal ini juga berlaku ketika kamu membuat caption.

Agar obrolanmu nyambung dengan followers, kamu harus tahu seperti apa karakter pengikutmu. Kalau mereka adalah anak-anak muda, kamu bisa menggunakan bahasa-bahasa kekinian untuk caption. Pengikutmu pasti paham dengan bahasa-bahasa gaul zaman sekarang.

Sebaliknya, jika pengikutmu adalah orang-orang tua, gunakan bahasa-bahasa formal untuk menghormati mereka. Jika kamu lebih banyak menggunakan bahasa santai, apalagi bahasa gaul, mereka tidak akan tertarik. Jadi, postingan kamu pasti akan dilewatkan begitu saja.

Untuk akun-akun bisnis, biasanya pengikutnya sudah terseleksi sesuai dengan target market. Kenapa bisa begitu? Karena mereka memang sudah menyasar target pasar tertentu sesuai dengan produk. Hal ini sudah mereka pikirkan jauh-jauh hari sebelum mengembangkan IG.

Kalau kamu menggunakan IG bisnis, karakter pengguna bisa dilihat melalui fitur Insight. Fitur ini menampilkan informasi tentang usia, gender, hingga demografi. Dengan data ini, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan postingan dengan karakter followers

2.     Buat Kalimat Pembuka yang Memikat

Instagram awalnya merupakan media sosial yang mengedepankan sisi visual. Caption adalah pelengkap yang digunakan untuk menyempurnakan foto atau gambar yang akan diposting.

Agar caption bisa menjalankan perannya dengan baik, kamu harus membuatnya dengan semenarik mungkin, terutama pada kalimat pembuka. Di IG, caption tidak akan langsung muncul secara penuh, tetapi hanya beberapa karakter pertama.

Oleh karena itu, kalimat pembuka menjadi penentu apakah pengikutmu akan mengklik kolom “more” atau hanya melewatkan postingan kamu. Beri kesan yang kuat dan memikat di awal agar followers berhenti scrolling dan fokus pada postingan yang kamu buat.

3.     Pakai Struktur Piramida Terbalik

Caption IG sebaiknya menggunakan struktur piramida terbalik. Struktur penulisan ini menempatkan bagian penting terlebih dahulu baru bagian pelengkap lainnya.

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, kalimat pembuka yang menarik bisa dibuat dari informasi utama yang ingin kamu sampaikan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan informasi-informasi lainnya.

Satu lagi hal penting yang harus kamu tahu adalah bahwa Instagram hanya mengizinkan penggunanya untuk membuat caption maksimal 2.200 karakter. Kamu perlu memaksimalkan semuanya dalam struktur piramida terbalik agar informasi yang disampaikan jelas, menarik, dan tertarget.

4.     Sesuaikan Caption dengan Foto

Sekarang ini, banyak orang yang membuat caption IG yang tidak sesuai dengan fotonya. Apakah hal ini diperbolehkan? Jawabannya tentu saja boleh.

Namun, khusus untuk kamu yang mengelola IG bisnis, kamu tetap harus memperhatikan hubungan antara caption dengan foto. Bagaimanapun, caption digunakan untuk memperjelas foto. Jika caption dan foto tidak berhubungan sama sekali, tentu akan aneh, bukan?

Oleh karena itu, dalam usaha membuat caption yang menarik, kamu tetap perlu menyesuaikan foto dengan caption.

5.     Percantik Caption dengan Emoticon

Dalam dunia digital, tersedia banyak emoticon untuk mempercantik typing. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat caption.

Apa manfaat emoticon dalam membuat caption?

Pertama, emoticon bisa membuat caption lebih bervariasi sehingga lebih postingan lebih menarik untuk dibaca. Kedua, emoticon juga sekaligus bisa membuat tulisan lebih bernyawa. Kamu bisa menunjukkan antusiasme melalui emoticon. Sesuai namanya, emoticon bisa mewakili perasaanmu.

6.     Lengkapi Caption dengan Hashtag

Selanjutnya, yang tak kalah penting, kamu juga membutuhkan hashtag agar bisa menjangkau lebih banyak orang. Ini adalah manfaat utama hashtag.

Kamu bisa menyisipkan hashtag pada bagian akhir caption. Kamu juga bisa menyisipkannya di tengah-tengah caption. Tidak ada patokan pasti di mana hashtag harus diletakkan. Yang penting, setiap postingan sebaiknya menyasar hashtag tertentu.

Kemudian, satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan terkait hashtag adalah jangan membuat hashtag yang terlalu banyak.

Idealnya, kamu hanya perlu menyisipkan sekitar 3 – 5 hashtag. Penggunaan hashtag yang terlalu banyak justru bisa mengurangi kualitas caption.

7.     Pakai Teknik Story Telling

Untuk menarik simpati pengguna media sosial, kamu bisa menggunakan teknik story telling. Caption dibuat seolah-olah sedang bercerita. Caption seperti ini bisa meningkatkan pengikut untuk menyelesaikan cerita sampai akhir.

Apakah konten jualan pun bisa dikemas dengan story telling? Jawabannya tentu saja bisa.

Kamu bisa menonjolkan keunggulan produk berdasarkan sudut pandang pribadi. Berbeda dengan tulisan biasa, story telling tidak menjelaskan keunggulan secara langsung. Namun, dikemas dengan cerita yang di dalamnya ada tokoh, alur, konflik, hingga solusi.

Kamu bisa menjadikan produk yang kamu jual sebagai solusi atas sebuah masalah.

Dengan cara ini, pengikut tidak diminta secara langsung untuk membeli produk. Pesan membeli disampaikan secara tersirat melalui sebuah cerita. Teknik ini sering dibuat untuk iklan-iklan soft selling.

8.     Sempurnakan dengan CTA

Tujuan utama dari membuat caption yang menarik adalah agar bisa meningkatkan engagement. Agar tujuan ini sampai ke pembaca, kamu perlu menyempurnakan postingan dengan CTA atau call to action.

CTA umumnya berisi instruksi untuk melakukan sesuatu. Untuk caption IG, CTA bisa berupa kalimat ajakan atau kalimat pertanyaan. Intinya, pengaruhi mereka untuk meninggalkan jejak di kolom komentar atau sekadar memberikan like.

Beberapa hal tersebut menjadi dasar utama untuk membuat caption IG yang menarik. Secara teori, tak terlalu susah bukan untuk membuat caption yang bagus?

Namun, pada kenyataannya, kamu perlu mencoba berkali-kali agar caption yang kamu buat bisa mendapatkan engagement yang lebih banyak. Untuk pemilik bisnis online, akan lebih baik lagi jika caption bisa menghasilkan lead yang kemudian dikonversi menjadi penjualan.

Karena ternyata caption memiliki peran yang penting dalam bisnis online, mulai sekarang kamu harus lebih kreatif lagi dalam membuat caption ya. Jika kamu masih bingung bagaimana membuat caption yang baik, kamu bisa memanfaatkan jasa penulisan artikel.

https://saungwriter.com/ bisa menjadi partner terbaik untuk membuat caption-caption IG yang menarik. Biaya layanan jasa mereka juga cukup terjangkau. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis onlinemu. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *